Ribuan Pegawai Walk Out, Ini Tanggapan CEO Google

Sundar Pichai. Foto: GettyImages

Jakarta – Ribuan karyawan Google di berbagai negara serentak menyelenggarakan aksi walk out untuk berdemo soal kasus pelecehan seks di raksasa internet itu. Bagaimana komentar CEO Google, Sundar Pichai, mengenai aksi protes besar-besaran ini?

“Ini memang saat-saat yang sulit. Ada kemarahan dan rasa frustrasi di perusahaan. Kami semua merasakannya, aku merasakannya juga,” kata Pichai yang dikutip detikINET dari Quartz.

“Google punya standar yang sangat-sangat tinggi dan terlihat kami tidak mencapai harapan kami,” tambah CEO kelahiran India tersebut.

Pangkal permasalahannya adalah terkait kasus pelecehan seks yang dilakukan pencipta sistem operasi Android, Andy Rubin. Ia meninggalkan Google pada tahun 2014 setelah investigasi internal menunjukkan ia melakukan perbuatan tak senonoh pada bawahan wanitanya.

Namun menurut laporan New York Times, Andy tetap mendapatkan pesangon luar biasa besar, USD 90 juta serta tetap dipuji oleh pendiri Google, Larry Page. Itulah yang memicu aksi protes dilancarkan.

Pichai sendiri sudah mengirim memo ke para karyawan bahwa Google akan memperbaiki diri. “Langkah pertama adalah mengakuinya dan minta maaf soal aksi di masa lalu,” tambah dia.

“Kedua, kata-kata saja tidak cukup dan harus diikuti dengan tindakan. Perlu dijelaskan bahwa insiden itu berasal dari beberapa tahun lalu dan sebagai perusahaan, kami berkembang. Sebagai CEO, penting bagiku bertindak tegas pada sikap tidak pantas dan kami telah melakukan hal itu beberapa tahun belakangan,” papar Pichai.

Ia memaparkan sebanyak 48 pegawai telah dikeluarkan terkait kasus pelecehan dalam dua tahun terakhir. Menurut Pichai, pelecehan seks adalah masalah masyarakat dan sebagai perusahaan besar, Google juga punya isu yang sama.

 

sumber berita :https://inet.detik.com/cyberlife/d-4284295/ribuan-pegawai-walk-out-ini-tanggapan-ceo-google?_ga=2.222451027.995530323.1540969668-1689921335.1537847989